Minggu, 06 Maret 2016

Ayah, Bunda, Pakai Kiddle Aja

               Kita tahu bahwa kemajuan teknologi itu bisa menjadi sangat bermanfaat bagi mereka yang bisa mengoptimalkan teknologi itu sendiri dalam kehidupannya. Mengoptimalkan tersebut tentunya dengan mengenal seperti apa teknologi yang kita gunakan.
               Dengan mengetaui seperti apa teknologi yang kita gunakan, mulai dari fungsinya, cara kerjanya, sampai pada pemeliharaannya. Setelah kita tahu bagaimana fungsi dan cara kerjanya, tentu akan mempermudah kita dalam memanfaatkan teknologi tersebut sesuai dengan yang kita perlukan. Pengoptimalan tersebut membutuhkan perawatan, perawatan di sini baik secara teknis ataupun beruoa pengawasan. Pengawasan tersebut seperti bagaimaga penggunaan teknologi tersebut, pemeliharaannya, termasuk si subjeknya sendiri.
               Nah, subjek yang kita bahas adalah anak-anak. Sekarang ini sudah marak kejahatan yang terjadi pada anak-anak, kejahatan secara fisik maupun secara psikisnya. Selain itu, penyalahgunaan teknologi, dan kurangnya pengawasan dari kita para orang tua juga telah banyak terjadi, dan memberikan dampak yang kurang baik terhadap anak.
               Kita semua tahu, saat ini peranan teknologi sangat berpengaruh dalam perkembangan pengetahuan anak. Salah satunya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi tersebut terhadap anak-anak kita. Selain teknologi yang umumnya dapat mereka pelajari secara langsung yang biasa direalisasikan dengan kunjungan study tour: seperti teknologi dalam bertani, pabrik-pabrik makanan, kebun-kebun, dan lain-lain. Salah satunya yang perlu kita waspadai adalah teknologi seperti penggunaan gadget.



               Sebuah gadget tentu tidak lepas dari Internet. Kita tahu internet sangat bermanfaat bagi anak-anak, karena menyediakan segudang informasi, baik dalam bentuk tulisan, gambar, audio, maupun video. Internet dapat merangsang rasa ingin tahu seorang anak, untuk itu dapat sangat membantu anak-anak kita untuk memperluas pengetahuannya.
               Tapi Bunda, pengawasan kita terhadap anak itu sangat penting dalam penggunaan internet tersebut. Selain kita harus lebih tahu mengenai cara kerja dan fungsi internet tersebut untuk memperkenalkannya kepada anak-anak kita, kita juga harus ikut memantau penggunaannya, secara tidak langsungnya dengan seperti ikut tertarik terhadap apa yang mereka pelajari, mau berbagi, dan belajar bersama mereka, maka dengan kepercayaan tersebut nilai plusnya bisa menambah kepercayaan diri si anak dalam memperluas wawasannya.
               Nah, kali ini “Google” memberikan perhatian dan kepeduliannya terhadap anak-anak dengan membuat inovasi seperti “Kiddle” (http://www.kiddle.co/). Kiddle adalah salah satu anak dari Google, yaitu mesin pencarian yang diperuntukan bagi anak-anak kita. Kiddle akan membantu kita para orang tua dalam mengoptimalkan penggunaan internet terhadap anak-anak kita. Banyak sekali fitur-fitur yang menyenangkan yang disediakan, informasi baik mengenai pengetahuan ilmiah, sejarah, games-games, bahkan dalam bentuk streaming video untuk anak-anak, tampilannya pun sangat unik dan menarik. Selain itu, Kiddle memberikan kenyamanan untuk anak-anak karena bebas dari spam maupun iklan pornografi yang biasa muncul dalam pencarian goole. Terlebih lagi, kita tahu kadang seusia anak-anak belum dapat begitu memahami bahasa yang digunakan oleh orang dewasa, sehingga informasi yang diterima menjadi kurang tepat. Namun, dengan Kiddle ini, bahasa yang disampaikan sangat sesuai dan ramah untuk anak-anak, sehingga anak kita dapat dengan mudah menerima informasi-informasi yang mereka peroleh dari pencarian di internet tersebut.
               Untuk itu, bagi para Bunda dan Ayah, bisa menjadikan Kiddle ini sebagai homepage pada gadgen anak-anak kita.

Have a fabulous day!




9 komentar:

  1. nambah wawasan nih, tenks infonya ya mbak :)

    www.wordholic.com

    BalasHapus
  2. senang malam ini bisa menyempatkan berkunjung
    informasinya sungguh bermanfaat bisa dicoba nih kiddlenya buat keponakan

    www.galerikatahamdi.blogspot.com

    BalasHapus
  3. tampilan kiddle nya mirip sama tampilan awal google X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya? hehehe makanya mungkin jadi anaknya goolge..

      Hapus

Surat Untuk Syf